Amankan Windows dengan Deep Freeze


Jika kita mempunya komputer yang digunakan untuk dipakai banyak orang, semisal seperti warnet, rental pengetikan, kantor atau komputer pribadi tapi sering di pekai teman atau orang lain maka akan sangat rentan dengan kerusakan sistem, terlebih lagi untuk sistem seperti Windows.

Sistem komputer (Windows) bisa rusak karena banyak hal misalnya, karena human error (di sengaja/tidak), atau karena pemasangan  aplikasi yang sembarangan,  atau pun yang disebabkan oleh virus.

Untuk mengamankan sistem komputer dari kerusakan seperti yang dijelaskan diatas akan sangat tepat jika kita memilih menggunakan aplikasi semacam Deep Freeze ini.

Fungsi dan cara kerja dari Deep Freeze ini adalah untuk mengunci drive  pada Windows, sehingga drive tidak bisa dirubah lagi baik dari sisi settingan maupun susunan filenya, artinya kondisi drive akan kembali seperti waktu Deep Freeze ini dijalankan(kunci) meski kita ubah baik settingan,  kita tambah maupun  kita kurangi susunan file-filenya.

Dikarenakan sistem Windows juga(harus)berada pada salah satu drive(drive: C) maka dengan otomatis Windows(drive: C) akan terkunci baik dari settingan maupun susunan filenya, sehingga sistem Windows akan tetap dalm keadan baik(seperti saat dikunci)

Dan Deep freeze juga bisa untuk melindungi  Windows dari kerusakan yang disebabkan oleh virus, karena pada pirinsipnya virus adalah merupakan aplikasi komputer juga.

Cara install Deep Freeze:

  1. Jalankan file Setupnya, klik Next
  2. Setujui aceept agreement, klik Next
  3. Masukkan licency key, klik Next
  4. Pilih drvive yang akan dikunci, klik Install
  5. Tunggu proses install dan komputer restart
  6. Masukkan password untuk Deep Freeze saat masuk windows
  7. Drive telah terkunci

Cara menonaktifkan Deep Freeze:

  1. Buka konfigurasi Deep Freeze dengan cara pencet tombol Shift(jangan lepas) pada keybord dan klik 2X icon Deep freeze pada kanan bawah komputer( dekat jam dan icon speeker)
  2. Pada menu Status pilih tombol radio bok no 3(Boot Thawed), no 1(Boot Frozen untuk mengaktifkan proteksi Deep Freeze), klik OK
  3. Restart komputer
  4. Deep Freeze telah didisable

Cara uninstall Deep Feeze:

  1. Cara Uninstall Deep Freeze harus menggunakan file master Deep Freeze (sama versinya)
  2. Disable proteksi Deep Freeze
  3. Restart komputer
  4. Jalankan file Deep Freeze dan tunggu proses uninstall sampai komputer restart
  5. Deep Freeze berhasil uninstall

Saat ditulisnya tulisan ini aplikasi Deep Freeze telah tersedia dalam versi 7, bagi yang berminat dengan Deep Freeze versi 7 (full version)silahkan download disini

Catatan:

  • Simpan file anda pada drive yang tidak dikunci dengan Deep Freeze, karena jika disimpan di drive yang dikunci file akan hilang setelah komputer dimatikan
  • Saat ini sudah banyak virus yang mampu menembus sistem proteksi Deep Freeze, untuk itu saya sarankan untuk tetap memasang anti virus disamping menggunakan sistem proteksi dengan aplikasi Deep Freeze ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: