Mempartisi Flash Disk


Pada dasarnya semua perangkat penyimpan data bisa dibagi menjadi beberapa partisi, tetapi entah karena apa Windows(most systems in indonesia) tidak memberikan kemampuan untuk membuat atau membagi partisi pada flsh disk pada sistemnya. Atau mungkin Windows sebenarnya menyertakan ini pada tool command prompt-nya saya tidak tahu, maklum saya tidak perrnah otak atik-atik tool bawaan Windows yang satu ini.

Dikarenakan perbedaan kapasitas flash disk yang beredar saat ini maka secara logika perangkat tersebut sebenarnya dapat diatur kemampuannya dalam menampung data atau juga dapat diatur pembagian partisinya seperti hal nya penyimpan data lainnya, semisal Hard disk (ini logika saya).

Pada awalnya saya mencari tool yang bisa untuk membagi partisi ini karena saya diminta seseorang yang telah menemukan Flash disk merk Transcand  (2 GB) yang dilengkapi sistem scurity fingger scan dan juga aplikasi bawaan flash disk yang ber-password untuk dapat menggunakan flasdisk tersebut. Dikarenakan menggunakan tool formater yang seperti ini (dari HP) juga tidak bisa untuk memformat flash fisk ini maka, saya pun berpikir kalau satu – satunya cara agar dapat menggunakan flash disk ini adalah meminta pada pembuat flash disk ini(Transcand) .

Tetapi setelah membuka internet dan membuka web site Transcand saya menjadi ragu, karena sepertinya pihak Transcand hanya menyediakan jalan keluar untuk masalah ini hanya melalui Online saja, yang artinya yaitu pihak Transcandakan membukakan flash disk ini melalui jaringan internet.

Sambil berputar – putar menuruti prosedure yang diharuskan oleh pihak Transcand saya juga googling tool untuk membobol sistem keamanan Flash disk ini. Dan menemukan tool ini. Karena pusing, dengan procedure yang diharuskan pihak Transcand saya pun membatalkan service online oleh pihak Transcand dan memutuskan untuk mencoba tool ini dulu. Dan ternyata berhasil, walau tidak 100%. Maksudnya adalah flasdisk ini tidak bisa saya format langsung menggunalkan tool ini, tetapi  flash disk ini bisa saya partisi menjadi 2 partisi. Satu partisi sebesar 1.7 MB, dan sisanya tidak bisa digunakan. “lumayan, masih bisa dipake. Daripada tidak bisa dipake sama sekali mas..” kata pemilik(penemu) flash disk ini.

Selain mempartisi dan memformat flash disk tool ini juga bisa untuk memberikan kode keamanan atau mempassword pada flash disk.  Bagi yang tertarik dengan tool untuk mempartisi flash disk ini silahkan download disini.

*Catatan:

  • Backup semua isi flash disk anda sebelum menggunakan tool ini, karena fungsi utama tool ini adalah untuk memformat flash disk
  • Tool ini tidak mendukung semua jenis flash disk, semisal flash disk punya saya(kingstone black 2 GB), entah dengan flash disk punya anda
  • Review saya sejauh ini tool ini hanya mampu untuk membagi partisi pada flash disk menjadi 2 partisi saja

*UPDATE:

5 Tanggapan

  1. gan tutorialnya ada ga ?

  2. file udah gak ada

  3. maaf boz, tutornya ga da tp cara pakenya gampang kok..
    maaf jg file ilang, silahkan di cek di linknya lagi..

  4. minta file nya lewat email donk mas

Tinggalkan Balasan

