Partition magic 8 under DOS(Bootable)


Ini pengalaman saya ketika akan melakukan instal notebook yang tidak ada drive DVD nya dan bukan hanya itu saja, menagemen hard disk notebook tersebut juga bermasalah. Dimana ketika saya lakukan instal windows XP dengan menggunakan flash disk setelah proses instalasi setengah jalan dimana selanjutnya semestinya notebook tersebut boot dengan hard disk, tetapi kenyataanya tidak bisa dan disana muncul peringatan yang intinya hard disk bermasalah. Masalah ini sebenarnya tidak merepotkan jika saja saya di perbolehkan memformat ulang seluruh hardisk, tetapi masalahnya saya tidak boleh melakukannnya karena di dalam hard disk ada datanya yang tidak boleh hilang. Dengan kata lain saya hanya boleh memformat drive sistem atau drive C tok!

Kemudian saya berpikir untuk menggunakan tool FDISK pada star up windows 98. Tetapi yang terjadi menurutku bukan mengatasi masalah saya tapi malah memperparah keadaan atau mungkin saya yang memang tidak bisa menggunakan, entah!

Selelah putar- puter akahirnya menukan aplikasi partisi magic 8 under DOS pada dokumen saya. Yang kemudian saya masukkan pada flash disk yang sudah ada star up windows 98 (bootable)

Yang dibutuhkan:

  • Flash disk kapasitas berapapun
  • Aplikasi USB Formater.exe untuk memformat flash disk, dapatkan disini
  • File star up windows 98 disini
  • Aplikasi partition magic 8 under dos disini

Cara membuatnya:

  • Extrak semua file-file yang telah anda dapatkan
  • Format flash disk menjadi sistem boot dengan aplikasi USB Formater.exe dan star up windows 98

  • Kopikan folder aplikasi partition magic 8 under dos beserta isinya kedalam flash disk
  • Siap digunakan

Cara mengunakannya:

  1. Nyalakan notebook
  2. Setting bios agar booting lewat USB flash disk
  3. Tunggu bootting dengan flash disk jalan
  4. Setelah masuk sistem DOS windows 98 masuk pada direktori aplikasi partition magic 8 misal “CD PQ8” enter, tanpa petik
  5. Ketik “muose” enter, tanpa petik agar kita dapat menggunakan mouse
  6. Jalankan aplikasi partition magic 8 dengan ketik “pqmagic”, tanpa petik
  7. Silahkan gunakan aplikasi partition magic 8 under dos

Tentang instal windows menggunakan flash disk lihat tulisan lain disini

Catatan:

Backup data yang ada didalam flsh disk anda sebelum menggunakan tip-trik ini, karena flash disk anda akan terformat!!

Semoga membantu.

22 Tanggapan

  1. ini yang tak cari2, thanks ya…🙂

  2. makasih bang, good luck..🙂

  3. tq banget om !
    ilmu anda bermanfaat bagi orang banyak
    tuhan pasti mencatat
    dan anda dapat pahala
    amien

  4. mas mohon bantuannya…setelah saya jalankan proses formatnya,kok error “volume is too big” padahal flasdisc saya 8 gg,,,,mohon bantuannya….matur nuwun

    • Maaf, memang saya blm pernah mencoba menggunakan Flashdisk yg lebih dari 2GG
      Tapi untuk mencoba silahkan ganti tool formarternya dengan ini
      Jika masih gagal coba bagi Flashdisknya menjadi beberapa partisi
      Untuk membagi partisi di flashdisk gunakan ini
      Baru setelah itu gunakan salah satu dari partisi untuk membuat starup+partisi magic nya(saya mencoba tetep menggunakan Flash disk 2GG, dan berhasil)

      Smoga berhasil…

    • Mungkin Pilihan System Partisinya
      Setahu saya Kalo diatas 4Gb sebaiknya Pakai NTFS
      <4Gb gunakan FAT32 atau yg lebih kecil lagi mungkin seperti MMC atau sebangsanya Coba Gunakan FAT
      Semoga Membantu

  5. Asyik Nih Mas…
    Dobel Thumb deh

  6. akhirnya temu juga buat tambahan applikasi q terima kasih booz atas postingannya

  7. mantap gan…

  8. mantab
    ini yang saya cari.
    trims banyak gannn

  9. thx bos

  10. klo dibuat bootable CD, apa caranya sama dg diatas????

  11. AKHIRNYA………… TANK’S GAN… ANE BISA JG INSTALL ULANG NOTEBOOK ANE…
    BRAVO GAN SITE’NYA..!!!!

  12. whoah this blog is wonderful i like studying your posts.
    Keep up the good work! You realize, a lot of people are hunting around for this information, you could help them greatly.

  13. Hi there! This blog post could not be written any better!
    Looking through this article reminds me of my previous roommate!
    He continually kept preaching about this. I’ll forward this post to him. Pretty sure he’s going to have a good read.
    Many thanks for sharing!

  14. Hi, always i used to check weblog posts here early
    in the dawn, since i enjoy to gain knowledge of more and more.

  15. Heya i’m for the first time here. I came across this board and I find It really useful & it helped me out much. I hope to give something back and help others like you helped me.

Tinggalkan Balasan

