Flash disk keprotect


Mungkin anda pernah mengalami permasalahan yang seperti ini, yaitu perangkat penyimpan data kesayangan anda atau flash disk tidak bisa diformat atau diisi data padahal flash disk tersebut masih bisa dibuka untuk melihat data-datanya, bahkan menggunakan data-datanya pun bisa. Itu seperti yang saya alami kemarin. Yaitu tidak tahu kenapa flash disk saya tidak mau diformat apa lagi diisi data. Padahal kapaitasnya belum penuh atau masih memungkinkan untuk menyimpan data lagi.

Ketika saya akan masukkan data atau memformat flash disk saya selalu muncul peringatan semacam berikut :

Karena ini merupakan falsh disk satu-satunya maka sayapun mencari solusinya diinternet. Setelah browsing beberapa saat saya mendapatkan beberapa cara yang kemudian langsung saya coba, yaitu:

  • Men-cek disk melalui command prompt dengan perintah CHKDSK /F [DRIVE FLASH DISK]:. Gagal
  • Menghapus semua file dengan perintah DEL [DRIVE FLASH DISK]:*.*. Gagal lagi
  • Memformat flash disk dengan perintah FORMAT [DRIVE FLASH DISK]:. Tetap masih gagal
  • Memformat melalui disk managemen punyanya XP juga tidak mau

selanjutnya saya mencoba alternatif lain yang juga saya dapatkan dari internet, yaitu memformat menggunakan sistem linux. Dalam hal ini saya coba menggunakan LIVE CD UBUNTU 8.10, tetapi kenyataanya masih juga tidak berhasil.

Sayapun browsing kembali untuk mencari cara lainnya. Dan kemudian saya menemukan tool yang kata penyedianya dapat mengtasinya masalah saya tersebut. Namanya adalah Low Level Formatter MFC Appliction. Dan setelah saya coba ternyata memang berhasil. Karena saya lupa alamatnya bagi yang membutuhkan silahkan googling dengan keyword tersebut, jika tidak ketemu silhakan download aplikasi Low Level Formatter MFC Appliction ini disini

Satu Tanggapan

  1. ok lah……

Tinggalkan Balasan

