Mainbord "HANGUS"


Hari ini saya menerima pangilan memperbaiki PC yang kata pemiliknya ga mau hidup pada sebuah PT di daerah Sosrowijayan, Jogja. Sayapun menerima panggilan tersebut dan langsung mendatanginya. Sesampainya  disana saya langsung men-ceknya tapi ternyata saya belum bisa mengidentifikasi kerusaknanya saat itu. Maka tidak ada jalan lain kecuali membawanya ke kantor tempat kerja saya.

Setibanya dikantor saya langsung men-cek PC tersebut kembali tanpa istirahat barang sejenak karena berharap bisa langsung benerinnya sehingga dapat langsung saya antar kembali hari itu juga. Satu-persatu periperal PC tersebut saya cek mulai dari RAM, VGA dan ternyata tidak apa-apa atau masih hidup. Giliran PSU saya cek dengan cara “menjumper” pada kabel powernya, ternyata juga mau hidup. Kemudian sayapun mencopot prosessornya yang berspesifikasi Socket 478 Intel Pentuim 2.66 Ghz tersebut. Setelah saya cek tenyata Prosessornya masih OK. Maka kesimpulan sementara MB-nya yang bermasalah. Kemudaian untuk selanjutnya saya memilih untuk mereset bios MB-nya dengan cara mencopot batre biosnya karena saya malas mencari jumper bios pada MB itu. Tapi hasilnya ternyata sama saja, PC masih ga mau nyala. Saya pun sedikit mulai bingung “kira-kira apanya ya?” pikirku sambil meneliti MB-PC itu.

“Ow” pikirku setelah saya melihat salah satu IC pada MB itu pecah dan menghitam(seperti habis terbakar). Kemudian saya memutuskan untuk mebongkar MB tersebut untuk dibersihkan karena memang keadaanya sangat kotor sekali oleh debu. Setelah bersih dapat saya amati dan simpulkan bahwa memang MB itu telah “terbakar” yang ditandai dengan adanya lubang(seperti pecah) cukup jelas pada salah satu IC-nya. Maka saya pun  memutuskan untuk mengkontak pemilik PC dan mengonfirmasikan bahwa MB-nya harus diganti karena saya tidak bisa benerin komponen hardware PC sudah yang rusak. Dan teryata pemilik menyetujuinya untuk mengganti MB-nya tersebut.

Saya pun mengkontak teman saya yang kebetulan membuka usaha jualan komputer dan memesan MB baru sesuai spesifikai PC “servisan” saya tersebut. Alhamdulillah dapat, yaitu MB yang bermerk Amptron. Karena memang cuma merk itu yang dijual oleh teman saya yang katanya sudah langka MB spesifikasi pesanan saya.

Setelah melakukan pembelian MB dengan teman saya saya langsung pulang dengan membawa MB baru untuk PC servisan saya. Tanpa ragu-ragu langsung merakit kembali PC servisan tersebut tanpa penutup cassing dan dalam posisi “direbahkan”. Karena memang sudah dicek sebelumnya bahwa MB tersebut baru dan OK maka saya yakin untuk langsung merakit PC terserbut kembali. Setelah saya raya siap dicoba sayapun mencobanya dengan cara menghidupkan PC dalam keadaan masih terbuka cassing-nya dan posisi direbahkan tersebut. Apa yang terjadi? begitu saya pencet tombol powernya PC ga mau nyala malah saya seperti mendengar suara”pletek”. Karena saya belum yakin dengan apayang terjadi saya pun mencoba beberapa kali mencoba memencet tombol powernya. bukan kepalang terkejutnya saya karena selain masih ga mau nyala dan juga mengluarkan suara “pletak-pletek” sekarang malah mucul api disertai asap putih dari salah satu IC pada MB-nya sayapun langsung mencabut kabel listrik yang dari stafolt ke PC(PSU)-nya.

Saat itu saya langsung diam dan bengong untuk beberapa saat. Setelah beberapa saaat saya berpikir pasti PSUnya yang menjadi biang-nya. Ternyata benar! setelah dibongkar dan dicek PSUnya oleh patner kerja saya yang bagian elektro dijelaskan bahwa ini-itu yang intinya PSU-nya rusak. Saya pun langsung memutuskan untuk mengganti PSU-nya tersebut.

Dari pengalaman ini saya cuma bisa menyimpulkan bahwa meng-cek PSU dengan cara “jumper” adalah cara cepat bukan cara terbaik.

Dan yang menjadi pertanyaan dari kejadian ini adalah kerusakan yang bagaimana PSU akan mengakibatkan kerusakan pada periperal PC?

Tinggalkan Balasan

