SEF joomla


Dengan SEF url dapat dengan mudah dibaca(oleh manusia). Misal alamat url: http://www.burasahp.com/index.php?option=com_content&task=view&id=1&itemid=5 akan lebih mudah untuk kita baca jika alamat misal urlnya: http://www.burasahp.com/content/siemen/c55 . Hal pertama sebelum memilih mengaktifkan SEO di joomla adalah :

• Pilih YES pada radio button di Config Joomla

• Ganti nama file .htaccess.txt menjadi .htaccess

Direktif Options tidak diijinkan di.htaccess karena alasan keamanan. Options, khussusnya OptionFollowSymlinks, dapat dipakai oleh user untuk melihat source code situs milik user lain diserver dan file-file lainnya yang seharusnya tidak dapat dilihat oleh user

Ada beberapa program yang instalasinya menginstruksikan penambahan Options none atau sejenisnya kedalam .htaccess. solusinya, anda dapat mengabaikan pesan kesalahan tersebut, yakni dengan menggunakan awalan “#”. Untuk mengembalikan setting default, hilanggkan tanda comment(#) di depan RewriteBase/.

SEF dengan Component OpenSEF

OpenSEF dapat didownload gratis di http://www.open-sef.org. Setelah instalasi anda lakukan segera lakukan aktivasi. Untuk melakukannya masuk ke halaman Global setting (tab site|Global configuration) pada halamn ini lakukan langkah-langkah berikut:

1. Pilih pada tab SEO.

2. Pilih YES untuk pilihan search engine friendly urls

3. Pilih OK jika muncul jendela pop-up yang maksudnya mengingatkan untuk mengubah nama file .htaccess.txt menjadi .htaccess, yang harus anda lakukan pada langkah selanjutnya

4. Klik Apply untuk menerapkan setingan yang sudah anda lakukan

5. Langkah selanjutnya adalah mengubah file .htaccess. jika langkah ini dilakukan pada komputer lokal dan menggunakan  Windows, windows explorer tidak akan mengijinkan mengubah nama file dengan titik sebagai karakter awal, sebaiknya anda lakukan melalui command prompt yang caranya adalah dengan command prompt masuk kedirektori dimana file .htaccess berada, selanjutnya ketik perintah : REN htaccess.txt .htaccess. Sedangkan untuk merubah file .htaccess di live server dapat menggunakan program FTP GUI seperti Cute FTP atau WS_FTP melalui SSH Console

Langkah diatas belumlah selasai karena url yang tadinya http://www.burasahp.com/index.php?option=com_content&task=view&id=1&itemid=5 berubah menjadi misal: http://www.burasahp.com/content/view/1/5 sehinga masih perlu untuk diubah. Dengan menggunakan OpenSEF, langkahnya:

1. Dari halaman admin pilih component|OpenSEF|Configuration.

2. Pada tab Basic, ubah setting OpenSEF Enable? menjadi YES kemudian save

Langkah diatas akan mengakibatkan url kita walau sudah kelihatan menjadi lebih baik misal http://www.burasahp.com/kategori/nokia/c55.html tapi url tersebut tidak membawa kita ke halaman joomla yang benar. Kesalahan tersebut terjadi karena ada seting yang salah pada file .htaccess. Kita bisa memperbaikinya dengan cara:

• Buka file .htaccess dengan text editor, misal notepad

• Aktifkan baris standard SEF Section dan 3rd Party or Core SEF Section

• Kita harus memeberi tanda pada bagian standard SEF Section dan menghilangkan tanda komentar(#) pada bagian 3rd Party or Core SEF Section

Pada file .htaccess ada satu baris sebagai opsi yang bermasalah pada beberapa server yaitu biasanya pada baris OptionFollowSymLinks. Jika URL SEF anda tidak bekerja pada beberapa halaman silahkan lakukan langkah commenting-in pada baris ini:

##### Begin – 3rd Party SEF Section

Catatan:

Tidak semua component dapat berjalan dengan baik jika seting SEF diaktifkan, karena tidak semua component mendukung SEF.(tain)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: